Pages

Selasa, 12 Juni 2012

Fort Rotterdam


Benteng Fort Rotterdam memiliki paranoma keindahan yang berbeda, oleh karena itu Benteng ini banyak didatangi oleh masyarakat makassar, sampai luar masyarakat makassar pun, Fort Rotterdam merupakan hasil dari perjuangan pahlawan kita Sultan Hasanuddin, Benteng ini merupakan salah satu benteng yang dibangun saat masa Kerajaan Gowa .

Fort Rotterdam
Benteng Fort Rotterdam memiliki banyak hal yang bersejarah, sebagai tempat penampungan rempah-rempah sampai tempat ditahannya Pangeran Diponegoro, Pangeran Diponegoro setelah ditangkap dipulau jawa, dimasukkan dalam sel tahanan yang kokoh pada tahun 1834 di benteng ini, maka dari itu benteng ini memiliki banyak sejarah yang tidak akan dilupakan . Dari segi Benteng ini jika diperhatikan, benteng ini berbentuk seperti Penyu yang berarti Kerajaan gowa berjaya di darat maupun lautan, karena penyu dapat hidup di kedua ekosistem tersebut, awalnya Benteng ini terbuat dari tanah liat pada
masa pimpinan Kerajaan Gowa Benteng ini banyak
Fort Rotterdam jaman dulu
digunakan masyarakat makassar maupun luar sebagai tempat yang berilmu maupun tempat untuk duduk bersantai dan tempat untuk mengambil gambar, Benteng ini memiliki 13 bangunan yang masih tegak berdiri . Banyak juga yang memanfaatkan Benteng ini sebagai tempat berkumpul bersama grup/komunitas sampai tempat berpacaran . Benteng ini dahulunya bernama Benteng Ujung Pandang tetapi saat pindah ketangan Belanda, benteng ini pun berubah nama menjadi Benteng Fort Rotterdam . Benteng ini dibangun sekitar abad ke-15 oleh Raja Gowa ke-10 .

Kamis, 07 Juni 2012, setelah selesai ulangan semester asiknya buat pergi merefresh otak dengan berjalan-jalan kesalah satu peninggalan sejarah dikota makassar, Benteng Fort Rotterdam . Munche, Uni, Taufiq, Wella mereka salah satu diantara teman saya yang banyak, yang memiliki tujuan yang sama dengan saya untuk pergi ke Benteng Fort Rotterdam .

Munche, Wella, Taufiq, Uni
Selain buat menrefresh otak sekalian buat mengambil gambar juga disalah satu peninggalan sejarah ini, kurang lengkap rasanya buat kami kalau tidak berkeliling disetiap pelosok benteng ini, benteng yang berbentuk seperti penyu ini disetiap sudut benteng ini seperti kaki penyu .

Map Benteng Fort Rotterdam
Benteng ini tiap harinya dikunjingi oleh turis-turis untuk melihat serpihan-serpihan sejarah yang terjadi dimakassar, dan untuk buat hari kamis ini saya berserta teman-teman saya mengunjungi Benteng peninggalan makassar ini .

















0 komentar:

Posting Komentar